Mari Intip 3 Hal Menarik dari Perpustakaan UNAIR

Konon orang terkadang enggan berkunjung ke perpustakaan karena perpustakaan penuh dengan buku-buku lama yang terkadang sudah berdebu atau ruangannya gelap dengan sedikit cahaya. Apalagi di era digital seperti sekarang ini di mana orang lebih suka mengakses sesuatu secara digital ketimbang mencari referensi di perpustakaan. Padahal perpustakaan merupakan jendela dunia karena menyimpan beragam buku dan berbagai khazanah pengetahuan. Kamu pecinta sastra bisa mencari kategori sastra, demikian pula pecinta sains dan teknologi. Maka dari itu, pengaturan ruang dan buku-buku ya harus diatur sedemikian rupa agar menimbulkan kenyamanan bagi para pengunjung.

Ini mah opini saya pribadi ya. Akan sangat menyenangkan jika punya perpustakaan kampus yang nyaman, fasilitasnya oke, didukung saran dan prasarana yang memadai. Jadi betah berlama-lama di perpustakaan. Apalagi ada buku-buku atau novel favorit plus bisa bercanda sama sahabat dan gebetan. Upss. 

Nah suasana asyik bakalan kamu temukan jika kamu berkunjung ke Perpustakaan Universitas Airlangga. Sedikit cerita. Perpustakaan Unair didirikan bersamaan dengan lahirnya Universitas Airlangga yakni pada tanggal 10 November 1954. Seiring berkembangnya teknologi perpustakaan Unair terus berbenah. yuk intip apa 3 hal menarik dari perpustakaan ini. 

1. Asyik! Perpustakaan Unair Bakal Dilengkap Mini Teater

Dalam website resmi Unair dijelaskan bahwasanya pihak manajemen perpustakaan Unair akan terus meningkatkan kualitas layanannya. Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat pinjam buku atau cari referensi, tetapi juga tempat asyik buat berekspresi. Maka dari itu ada perombakan di lantai dasar dan penataan ruang sedemikian rupa agar perpustakaan membuat nyaman pengunjungnya. Beragama fasilitas penujang telah disediakan e-library dan sebagainya. 

Nah kali ini perpustakaan Unair akan membuat ruang khusus untuk mini teater. Dengan adanya mini teater ini mahasiswa bisa nonton film bersama. Tentunya film-film dengan konten berkualitas dan edukatif, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Nah kalau kayak gini kamu tertarik enggak guys berkunjung ke perpustakaan? Apalagi kalau kamu masuk jurusan sinematografi, kamu bisa bikin film, bedah film dan memutarnya di ruang mini teater ini. Semoga tahun depan ruang ini sudah bisa beroperasi. Kita doakan saja ya guys. Saya juga jadi penasaran gimana nanti jadinya...

2. Barter Buku Second Layak Baca? Yuk Kunjungi Perpustakaan Unair

Bulan September lalu perpustakaan Unair menggelar bursa buku second layak baca. Jadi jika kamu mahasiswa atau alumni yang ingin menyumbangkan buku baru atau bekas bolehlah berkunjung ke perpustakaan ini. Atau jika kamu ingin barter buku lama dan tukar tambah juga bisa. Menjual buku bekasmu yang layak pakai juga bisa kok. Kegiatan ini dilakukan serempak di 3 kampus. Baik kampus A, B, dan C. 

Kegiatan ini sebenarnya kegiatan tahunan yang biasanya diadakan setiap tanggal 15 September. Kegiatan ini dilakukan seiring dengan sambutan tahun akademik baru. Statistik juga membuktikan bahwa jumlah pengunjung perpustakaan semakin meningkat seiring dengan peningkatakan layanan dan kuantitas buku bacaan. Diharapkan perpustakaan menjadi tempat yang asyik, ramah, dan menyenangkan bagi mahasiswa. Ah kebahagiaan mahasiswa...

3. Kunjungan Mahasiswa Meningkat Menjelang Musim UAS dan UTS

Pada musim UAS dan UTS tiba mahasiswa berbondong-bondong berkunjung ke perpustakaan. Entah sekadar mencari referensi atau meminjam buku. Apalagi menjelang UAS banyak mahasiswa mengelompok di sudut ruang sembari mendiskusikan sesuatu. Saya juga suka kayak gitu soalnya. ke perpus kampus kalau mau deket UAS atau UTS ehehe. #PengalamanPribadi

Mereka menyelesaikan tugas take home atau tugas kelompok. Suasananya jadi nampak akademik banget yah. Apalagi kalau ke depan ada Kafe Library, wah tambah asyik jadinya. Mahasiswa tak hanya membaca buku tetapi juga membeli camilan yang disediakan di kafe. Tentunya tetap jaga kebersihan ya biar perpustakaan Unair tetap nyaman. 

Komentar

Postingan Populer